“Rivals can easily copy your improvements in quality and efficiency.
But they shouldn’t be able to copy your strategic positioning –
what distiguishes your company from all the rest.”

Michael A. Porter, 1996.

Rabu, November 17, 2010

Proses Pola Pikir COBIT-ITIL


Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah untuk menentukan tingkat kematangan proses tata kelola teknologi informasi dengan menggunakan COBIT, walaupun organisasi yang sedang diukur tidak menggunakan COBIT sebagai standar tata kelola proses IT-nya.
Permasalahan lainnya adalah seberapa baik nilai tingkat kematangan proses teknologi informasi perusahaan jika diukur menggunakan COBIT.

Sebelum dilakukan pengukuran tingkat kematangan tata kelola, dilakukan pengambilan contoh proses IT dari perusahaan.-->

Setelah pengambilan contoh, dilakukan penerjemahan proses dengan menggunakan bantuan ITIL sehingga didapatkan proses IT COBIT yang tepat untuk melakukan pengukuran menggunakan model kematangan. Ketiga proses IT yang diambil adalah perencanaan dan investasi IT, pemenuhan user requirement dalam pengembangan IT, dan pengelolaan dan monitoring service level agreement.

Setelah
proses IT dapat diterjemahkan, pengukuran tingkat kematangan dilakukan dengan mencocokkan pola model kematangan proses IT COBIT hasil terjemahan. Hasil dari penelitian menunjukkan penggunaan ITIL sebagai penerjemah perantara dapat dilakukan karena ITIL mendefinisikan tujuan bisnis dari setiap proses. Tujuan bisnis ini kemudian dapat digunakan dengan mencari padanannya pada tabel tujuan bisnis yang didukung COBIT, yang telah disediakan framework COBIT sendiri.

Setelah fase penerjemahan selesai, pengukuran tingkat kematangan proses IT dapat dilakukan dengan model kematangan COBIT yang tepat. Pada penelitian ini didapatkan proses IT COBIT AI.5 sebagai representasi contoh proses IT perusahaanyang diambil. Hasil pengukuran tingkat kematangan tata kelola yang didapat adalah 4,2. yang berarti proses ini sudah terkelola dan terukur, dan mulai merintis usaha untuk memenuhi kriteria kematangan teroptimasi.

.... mencoba u mengerti tiap2 kalimat diatas.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar